AFN

Senin, 06 Agustus 2012

Daftar Pertanyaan Siswa Kelas XI IA 2


1.Jelaskan pengertian dan fungsi dari Harddisk !
( GUSTI AYU EKA PUTRI SHELA SARI )
Harddisk adalah bagian komputer yang sangat penting dalam proses penyimpanan data. Apabila sebuah komputer atau laptop tidak memiliki harddisk, bagaimana data yang diproses komputer dapat disimpan? Kemana harus disimpan? Oleh sebab itu, harddisk mempunyai fungsi yang sangat penting dipergunakan untuk menyimpan data berupa file – file, folder serta dokumen dalam sebuah komputer atau laptop. Harddisk ada yang berapa di dalam komputer atau laptop (harddisk internal) ada juga yang berada di luar komputer atau laptop (harddisk eksternal).
2.Selain modem apakah ada lagi alat yang dipergunakan untuk akses internet !
(EVI LESTARI DEWI)
-Apa fungsi hardware dan apa saja perangkat keras yang dibutuhkan untuk mengakses internet?
(I KADEK INDRA TANAYA)
-          Perangkat keras yang di butuhkan dalam akses internet ?
(I MADE ADI MAS WIBAWA)
-          Sebutkan peranan hardware !
(YAYUK DESI PADMINI)
Banyak sekali alat yang dipergunakan untuk melakukan akses internet, baik dari hub, router, swith dan peralatan lainnya. Semua itu tergantung dari keperluan, kebutuhan, dana, waktu maupun tempat dalam membangun sebuah akses internet.
Apabila ingin melakukan browsing data secara perorangan maka dapat menggunakan sambungan secara perorangan yang hanya memerlukan modem yang sudah terregestrasi dan komputer. Jika ingin membuat sambungan yang lebih luas seperti membangun sebuah warnet dapat menggunakan router, modem, beberapa komputer dan peralatan lainnya yang memerlukan tempat dalam sebuah ruangan dengan pendanaan yang lumayan mahal. Untuk itu sesuaikan dan kondisikan kemampuan diri sendiri dalam melakukan sambungan ke internet.

33. Sebutkan perangkat utama akses internet !
(NI LUH PUTU ERIENTINA)
Ada tiga perangkat utama akses internet yaitu komputer, modem dan saluran telekomunikasi, semua peralatan tersebut mampu mengkoneksikan user (dalam hal ini pengguna internet) ke akses internet untuk melakukan browsing serta surfing di internet.

44. Sebutkan manfaat – manfaat dari jaringan internet !
(AGUS EDI ARIESTA)
Dan Apa manfaat internet dalam kehidupan sehari – hari ?
(NI WAYAN JULI ARTINI)
Jaringan internet memiliki banyak manfaat baik dalam kehidupan sehari – hari diantaranya :
a.       Melakukan browsing data baik mencari informasi, membaca sebuah artikel maupun media baca lainnya.
b.      Melakukan searching data melalui berbagai situs web baik melalui google.com, Wikipedia.com, yahoo.com serta berbagai macam situs lainnya.
c.       Melakukan komunikasi secara interaktif.
d.      Melakukan perdagangan secara online.
e.      Melakukan proses pembelajaran secara online.
Serta masih banyak lagi manfaat lainnya.

55. Apa yang anda ketahui tentang perangkat keras pada komputer ?
(NI KADEK AYU MULIANI)
Perangkat keras komputer merupakan alat – alat yang terdapat pada komputer baik di dalam komputer ataupun berada di luar komputer, sehingga komputer mampu menerima masukkan data dari alat input device kemudian memproses data oleh CPU/Procesor untuk menghasilkan informasi yang berguna bagi pemakai komputer tersebut.
Begitu juga untuk melakukan akses internet, komputer menjadi media utama dalam akses internet dengan menghubungkan dengan modem seperti modem 3G yang sudah terregestrasi maka komputer tersebut dapat dilakukan untuk browsing serta searching data.

66. Apa fungsi dari komputer ?
(NI KOMANG PUTRI ERIYANTI)
Komputer adalah sebuah alat elektronik yang berfungsi menerima masukkan data melalui alat input seperti keyboard kemudia data tersebut diproses oleh CPU sebagai otak dari komputer baik dalam proses aritmatika serta logika dan mengeluarkan hasil proses data tersebut lewat alat output baik lewat speaker, monitor serta media print.

77. Apakah perangkat yang digunakan untuk akses internet ? dan Bagaimana peranan modem dalam akses internet?
(I PUTU ABBIE PRAMANA P)
Seperti yang pernah disampaikan diatas perangkat untuk akses internet ada berbagai macam baik dari modem, saluran telekomunikasi serta perangkat yang lainnya. Selain komputer, modem juga memiliki peranan penting dalam akses internet. Karena tanpa modem, baik modem dial up, modem 3G, modem kabel, modem wifi maka proses koneksi tidak akan mampu berjalan. Dengan melakukan penginstalan program pada komputer dan melakukan registrasi kartu maka modem mampu dipergunakan dalam browsing data.

88. Apa perbedaan Hardware dengan Software?
(NI PUTU LINDA YANTI)
Hardware merupakan perangkat keras komputer sedangkan software merupakan perangkat lunak komputer. Apabila tidak ada hardware maka software tidak mampu dijalankan. Begitu juga sebaliknya.

99. Jelaskan pengertian internet !
(TEDDY RIKA ADITYA) & (DIMAS)
Internet merupakan jaringan internet yang menghubungkan komputer satu dengan yang lain di seluruh dunia saling berkomunikasi dan memberikan sebuah informasi kepada pengguna internet.

110. Sebutkan Dampak positif dan negative tentang perkembangan internet!
(PETRUS LUTFISAN T) & (DIMAS)
Seperti yang pernah dibahas dalam pertemuan pertama internet memiliki banyak dampak positif maupun negative.
Dampak Positif : sebagai media komunikasi, mencari informasi media promosi dan lain – lain
Dampak negative : membuat penggunannya kecanduang untuk menggunakan internet seperti game online, dll.

111.Jelaskan apa yang dimaksud dengan internet ! dan Apa hubungannya dengan hardware, software dan brainware.
(SRI BUDIARTINI) & (MARDIANA)
Hardware merupakan perangkay keras dalam akses internet seperti komputer, modem, saluran telekomunikasi. Software merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengakses internet seperti mozzila firefox dan brainware merupakan orang professional yang mengoprasikan internet tersebut.
Hardware, software dan brainware memiliki hubungan yang sangat erat dan penting. Ketiga hal tersebut saling bergantung satu dengan yang lain karena jika salah satu tidak ada maka tidak akan mampu melakukan proses akses internet. Jadi dengan adanya hardware seperti modem yang sudah registrasi dan tinggal dipakai, dan ada software seperti mozzila untuk menampilkan proses pencarian data dan tentunya pengguna / brainware yang mengoprasikan akses internet baik melakukan surfing, browsing dan searching.

112. Apa saja perangkat pendukung akses internet?
(KADEK AYANG MEI ARTAWAN)
Perangkat pendukung akses internet yaitu :
Hub adalah salah satu perangkat dalam Jaringan Komputer yang berguna untuk menghubungkan antar segmen dalam jaringan. Dia bekerja di level fisik (layer pertama) dari model referensi OSI. Dengan adanya hub, maka CSMA/CD yang bertugas untuk mensharing medium (kabel, udara, fiber, dll) agar semua bisa terkoneksi dapat berjalan dengan baik. Hub bertugas mengkoneksikan setiap node agar terhubung dengan sebuah backbone utama dalam proses transmisi data.
Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router berbeda dengan switch. Switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN).
Dan perangkat pendukung lainnya. (pada Lembar Kerja Siswa) sudah ada.
 

2 komentar: